Hasil Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Turki vs Kosovo 2-0, Kemenangan Perdana!

omi

Gol Burak Yilmaz dan Volkan Sen di awal babak kedua menjamin kemenangan perdana tuan rumah di Grup I. Setelah dipaksa menderita dalam tiga laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2018, pasukan Fatih Terim kini kembali ke jalur untuk bersaing ke Rusia. Meskipun demikian, mereka masih lima poin di bawah Kroasia.
Kembalinya Arda Turan menjadi berkah tersendiri bagi Turki di Antalya Arena. Bersua Kosovo yang merupakan juru kunci grup, mereka mendominasi serangan sepanjang babak pertama. Formasi 4-5-1 yang dipasang Terim membuat tuan rumah berhasil menguasai bola dengan sangat masif. Meskipun demikian, gol tidak kunjung datang hingga turun minum karena penyelamatan gemilang Samir Ujkani.
Sebaliknya, Kosovo yang sangat defensif nyaris menciptakan luka besar untuk Turki di menit 45 1. Ketika itu, menerima cut back dari sisi kanan, Valon Berisha mengirim tembakan yang sialnya hanya mengenai tiang kiri gawang Volkan Babacan. Lolos dari ancaman itu, Turki kemudian memperbaiki kinerja mereka di awal babak kedua.
Enam menit setelah turun minum, gol pertama tercipta. Bosan dengan susunan pemainnya, Fatih Terim memasukkan Yunus Malli di menit 46. Aksinya langsung terasa. Ia bergerak kilat menuju kotak penalti, dan mengirim umpan kepada penyerang tunggal tuan rumah, Burak Yilmaz. Mengerjai bek Amir Rrahmani, Burak menaklukkan Ujkani pula dengan tembakan datar.

Gol itu berpengaruh pada kesiagaan Kosovo. Empat menit kemudian, gawang mereka bergetar lagi. Kali ini pelakunya adalahVolkan Sen. Arda Turan membuktikan kualitasnya dengan mengirim bola cantik ke kotak penalti. Burak mengirim tembakan yang mengenai mistar gawang. Ujkani tak bisa mengelak lagi. Ada Sen yang mendorong bola masuk ke gawang kosong. 2-0.
Keunggulan Turki ini tidak tertahankan lagi sampai akhir. Mereka meraih kemenangan perdana dan melompat ke urutan empat. Namun ini belum cukup karena di atas masih ada Kroasia, Ukraina, dan Islandia yang berebutan satu tiket. Sebaliknya, Kosovo masih belum juga merasakan kemenangan sebagai anggota baru UEFA.
Gol: Burak Yilmaz 51, Volkan Sen 55

nikekyrie1.org omi Sumber: Sidomi