Manchester City Tidak Bisa Bergantung ke Yaya Toure

Pekan lalu pemain Pantai Gading itu memang menjadi pahlawan kemenangan Manchester City dan kehadirannya sontak membuat gairah di dalam tim kembali menyala meski Guardiola juga memandang itu sebagai sinyal buruk akan ketergantungan terhadap Toure.
Melawan Crystal Palace minggu kemarin, Toure akhirnya melakoni debutnya di musim ini. Lama didiamkan oleh Guardiola karena pernyataan Dimitri Seluk (agen Toure) yang menyakitkan hati sang manajer, Toure pada akhirnya bisa membuat Guardiola tersenyum berkat dua golnya di Selhurst Park yang membawa mereka meraih kemenangan penting. Kini skuad City jelas berharap Toure bisa memberikan efeknya lagi ketika mereka bertandang ke markas Burnley meski hal itu sudah diwanti-wanti oleh Guardiola.
Peran Yaya dalam kemenangan lawan Crystal Palace sangat penting dengan dua golnya dan juga bagaimana ia bermain. Tapi sebagai sebuah tim kami harus bisa bermain lebih baik lagi. Saya memang fokus terhadap hal itu, bisa bermain bagus sebagai tim dan tentunya Yaya bisa memiliki peran penting seperti pemain lainnya. Saya tidak pernah menaruh beban ke pundak satu pemain saja, terang Guardiola.
Ketika saya melatih pemain terbaik dunia (Lionel Messi), saya masih tetap menyertakan pemain lain dalam proses permainan sehingga tanggung jawab itu tidak hanya diemban satu pemain. Jika itu terjadi, tentunya tidak bagus bagi Yaya dan tim.
Bertandang ke markas Burnley bisa menjadi sebuah pertandingan yang berat bagi City. Musim lalu mereka harus menyerah di Turf Moor karena sebiji gol dari George Boyd yang tentunya juga akan membangkitkan mentalitas bermain pasukan Sean Dyche untuk mengulang hal yang sama kali ini.
Sementara Guardiola sendiri juga harus bisa mengatur energi para pemainnya. Tengah pekan kemarin David Silva dkk menjalani sebuah pertandingan sengit melawan Borussia Monchengladbach di Liga Champions. Untungnya, kerja keras mereka saat itu berbuah manis berupa tiket ke fase knock-out Liga Champions.

nikekyrie1.org omi Sumber: Sidomi